Sejarah kejuaraan sepak bola Eropa UEFA Euro

3-euro-sejarah-uefa

Pertama dimainkan di tahun 1960 di bawah nama Piala antar Negara Eropa UEFA, ide dari liga sepak bola Eropa populer ini pertama kali dicetuskan oleh Neri Delaunay di tahun 1927 yang merupakan anggota dari Federasi Sepak Bola Perancis. Akhirnya di tahun 1960, mimpinya jadi kenyataan dan turnamen ini diselenggarakan di Perancis. Untuk menghomratinya, trofi turnamen ini dinamakan sebagai Trofi Henri Deluanay. 17 tim ikut serta di mana tiga tim di antaranya tidak main – Jerman Barat, Inggris dan Italia. Di antara 14 tim tersisa, USSR (Rusia) berhasil melaju ke final dan memenangkan trofi turnamen pertama setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1.

Setelah itu, nama dari t urnamen ini diubah jadi Kejuaraan Sepak Bola Eropa di tahun 1968 dan sejak asat 1992, turnamen ini jadi semakin populer dengan nama Euro. Diadakan sekali setiap empat tahun; laporan statistik menunjukkan bahwa inilah turnamen olah raga paling populer ketiga di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. sejauh ini, 14 turnamen sudah berhasil dimainkdan dan Euro 2016 mendatang merupakan turnamen ke  15. Jerman adalah tim paling sukses dalam turnamen ini yang berhasil merangsek ke final sebanyak enam kali dan memenangkan gelar tiga kali.

Tahun 1964, Spanyol merupakan tuan rumah dari turnamen dengan 29 tim yang ikut serta dalam turnamen ini. tuan rumah berhasil meraih gelar dengan mengalahkan juara terbaru USSR dengan 2-1. sbobet casino .

Tahun 1968, turnamen ini diganti kerangkanya tetapi formatnya tetap sama dengan dua tim baru. Diselenggarakan di Italia, gelar juga berhasil direbut oleh tuan rumah ketika mereka mengalahkan Yugoslavia dalam pertandingan ulangan 2-0. Insiden yang paling dikenal saat itu adalah lemparan koin untuk menentukan pertandingan semi final. Lemparan koin ini merupakan insiden pertama dan satu-satunya dalam sejarah Euro.

Belgia tuan rumah 1972 ketika Jerman Barat (sekarang Jerman) memenangkan final dengan mengalahkan Uni Soviet dengan 3-0.

Tahun 1992 di Swedia ketika turnamen ini berubah nama jadi Euro 1992 untuk pertama kalinya. Denmark memenangkan turnamen ini dengan mengalahkan Jerman 2-0. Yugoslavia tidak diperkenankan ikut serta dalam turnamen tahun ini karena mereka tengah berperang.