Jorge Valdano berbicara tentang sepak bola Amerika Selatan

8-jorge-valdano-copa-america

Mantan favorit Argentina dan Real Madrid ini memberikan pendapatnya terkait sejumlah hal dan blak-blakan serta jujur.

Jorge Valdano adalah salah satu dari pemain Argentina pertama yang mencoba peruntungan di Eropa dan terbukti mendapatkan sukses besar.

Memang, dia menjadi favorit di Real Madrid sehingga dia mengakhiri hidupnya di ibu kota Spanyol ini dan jadi salah satu bagian dari hirarki klub.

Berikut kutipan wawancara bersama legenda Argentina ini.

Pekerman dengan Kolombia, Bielsa dan Sampaoli dengan Cile, Martino dengan Paraguay; mengapa banyak Negara lain memilih pelatih asal Argentina?

Di Argentina, sepak bola punya akar budaya yang sangat luar biasa di seluruh masyarakat, tetapi sepak bola Argentina selalu diekspresikan melalui para pemainnya (seperti Di Stefano, Maradona dan Messi) dan melalui para pelatihnya. Jika anda melihat perbedaan ideologis yang ada antara dua pelatih juara Piala DUnia (Cesar Luis Menotti dan Carlos Bilardo) itu menunjukkan bahwa tidak hanya ada satu sekolah mazhab saja yang kami miliki.

Apakah anda berpendapat seorang pelatih luar bisa mengelola tim nasional Argentina? Meski seseorang seperti Guardiola?

Tidak ada yang bisa mengelak arus globalisasi, tetapi jawaban saya tetaplah tidak.

Dunga baru-baru ini mengatakan bahwa fakta begitu banyaknya pemain sepak bola Amerika Selatan bermain di Eropa telah membantu peningkatan secara taktis. Apakah anda sependapat?

Apa yang lebih baik dari mereka, dari sudut pandang saja, adalah kualitas kompetisi dan juga kedewasaan sosial ketika anda dipaksa untuk melewati proses adaptasi yang luar biasa.

Apa pendapat anda tentang James Rodriguez. Apakah anda berpendapat dia akan lebih baik?

Selama James mau, tidak ada klub atau tidak ada babak mana pun yang terlalu besar baginya. Dengan sikap dan juga bakat yang dimilikinya, dia masih punya banyak sekali ruang untuk terus berkembang. Tidak akan mengejutkan buat saya jika dia akan memenangkan Balon d’Or satu hari nanti. Dia hanya perlu berharap Messi segera pensiun!