Football League dan Liga Primer

3-sejarah-liga-primer-inggris

Football League adalah sebuah kompetisi liga yang menampilkan klub professional dari Inggris dan Wales. Didirikan tahun 1888, ini merupakan kompetisi tertua di dunai sepak bola. Ini merupakan liga sepak bola papan atas di Inggris sejak dibentuk di awal abad 19 sampai tahun 1992, ketika 22 klub papan atas memutuskan untuk mengambil jalan terpisah membentuk FA Premier League. Sejak 1992, liga ini memiliki 72 klub yang dipisah secara rata ke dalam tiga divisi, yang saat ini dikenal dengan istilah Championship, League One, dan League Two.

Setelah empat tahun perdebatan, FA melalui agen bola terpercaya akhirnya meresmikan profesionalisme tersebut tanggal 20 Juli 1885. Sebelum saat itu banyak klub membuat pembayaran illegal kepada pemain profeisonal untuk meningkatkan daya saing klub mereka. Ketika semakin banyak klub menjadi professional, daftar pertandingan FA Cup, inter-county, dan pertandingan persahabatan kemudian dilihat oleh banyak orang sebagai sumber penghasilan yang tidak bisa diandalkan, dan banyak cara dipikirkan untuk memastikan sebuah penghasilan yang konsisten.

Direktur Aston Villa asal Skotlandia, William McGregor, adalah orang pertama yang membawa keteraturan dalam dunia yang kacau tersebut ketika klub-klub menyusun pertandingan mereka sendiri. Tanggal 2 Maret 1888, dia menulis surat pada Blackburn Rovers, Bolton Wanderers, Preston North End, West Bromwich Albion dan sekretaris Aston Villa tentang pembentukan sebuah liga sepak bola.

Pertemuan pertama diselenggarakan di Anderson Hotel di London tanggal 23 Maret 1888 jelang final FA Cup dengan nama Football League menjadi pilihan di pertemuan selanutnya tanggal 17 April di Royal Hotel Manchester. Musim pertama Football League dimulai beberapa bulan setelahnya tanggal 8 September dengan 12 anggota klub.

Setiap klub berhadapan dengan klub yang sama sebanyak dua kali, sekali di kandang sekali tandang, dan dua poin diberikan untuk tim yang menang dan satu poin untuk hasil imbang. Sistem poin ini tidak disepakati hingga musim itu dimulai; proposal alternatifnya adalah hanya satu angka untuk hasil menang. Preston memenangkan gelar liga pertama tanpa sekali pun kalah, dan menyelesaikan gelar double juga dengan meraih gelar FA Cup.